TENGKO : Latih Kedisiplinan, Jadikan Lingkungan Pendidikan Yang Diharapkan

DARUL AMANAH–Berakhirnya masa liburan, Santri Pondok Pesantren Darul Amanah kembali dengan kehidupan dan disiplin pondok sebagaimana mestinya. Untuk menjalankan aktivitas sebagaimana mestinya, Rabu, (20/7/2022) dibacakannya TENGKO (Teng Komando) guna latih kedisiplinan santri, dan jadikan lingkungan pendidikan yang diharapkan.

Tengko merupakan singkatan dari teng komando, sebuah istilah yang dapat diartikan satu komando dalam disiplin. Sehingga dengan pembacaan tengko dapat diartikan sebagai pembacaan dan pengarahan tentang ketentuan-ketentuan disiplin bagi Santri.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Khutbatul Arsy dalam kegiatan dilaksanakan pada hari ke-5 Khutbatul Arsy yang diikuti oleh seluruh santri baik santri baru dan santri lama, santri putra berada di Gedung Olahraga Darussalam sedangkan santri putri di Masjid Putri.

Pembacaan Tengko dibacakan langsung oleh Ustadz dan Ustadzah bagian pengasuhan santri yaitu Ustadz Samsi, S Pd.I, Ustadz Ahmad Indratno, S Pd dan Ustadzah Siti Zulaikha, S.Pd.

Tengko disiplin santri dibagi menjadi 3, yang pertama mengenai disiplin yang mencangkup seluruh keseharian santri dari bangun tidur hingga tidur kembali, yang kedua mengenai disiplin berbahasa beserta kegiatan kegiatannya, yang terakhir mengenai disiplin sekolah.

Adanya pembacaan ini menjadi alat berlatih kedisiplinan santri dan pencegahan bagi pondok pesantren untuk mengatasi penyimpangan moral yang mungkin terjadi pada diri santri agar proses pendidikan dapat berjalan dengan lancar.

Berharap agar perilaku santri selama di pondok agar mereka terbiasa dengan keteraturan yang pada akhirnya akan melahirkan akhlak yang baik.

Scroll to Top