Jun 122023
 

Wisuda adalah simbol penting dari pencapaian akademik para siswa, setelah bertahun tahun belajar, mereka berhasil menyelesaikan kurikulum pesantren dan siap melangkah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau memasuki dunia kerja. Gelar wisuda yang diperoleh merupakan bukti nyata dari upaya keras dan dedikasi mereka selama menjadi santri.

NGADIWARNO- Ahad, 11 Juni 2023 santri akhir kelas 6 TMI Pondok Pesantren Darul Amanah angkatan Integrity Generation Laksanakan wisuda yang ke-32 di gedung Olahraga Darussalam.

Dalam wisuda kali ini dihadiri oleh seluruh santri dan ustadz-ustdzah pondok pesantren darul amanah, serta dihadiri oleh seluruh wali santri kelas 6 yang berasal dari berbagai daerah dengan satu tujuan, yaitu menyaksikan capaian putra putrinya sampai di titik ini.

Dalam momen wisuda ini mereka berkesempatan bagi para santri untuk menghormati dan berterimakasih kepada para guru yang telah memberikan ilmu pengetahuan, bimbingan, dan inspirasi selama masa menjadi santri. Para santri menghargai peran guru dalam membantu mereka mencapai kesuksesan akademik dan pribadi. Seremoni wisuda adalah waktu yang tepat untuk mengucapkan rasa hormat kepada guru-guru tersebut.

Acara dimulai tepat pada pukul 08.00 WIB, dengan diawali tampilan rebana oleh grun Tajunnabi Pondok Pesantren Darul Amanah, dilanjutkan dengan iring-iringan para wisudawan dan wisudawati dari Lapangan Darunnajah menuju tempat prosesi wisuda di GOR Darussalam Pondok Pesantren Darul Amanah.

Dalam prosesi wisuda pemanggilan para wisudawan dan wisudawati ke atas panggung acara di pandu oleh Ustadzah Linda Lailatul Luhuta, dan Ustadz Mufti Haris S.Pd.

Dalam pemanggilan wisuda dan wisudawati ke atas panggung mereka secara bergantian dan langsung melanjutkan sesi photo bersama pimpinan pondok pesantren darul amanah dan wali santri serta wali kelas masing-masing. Setelah prosesi wisuda berakhir dilanjutkan dengan pembacaan ikrar Panca Satya.

Pimpinan Pondok Pesantren Darul, K.Hj Mas’ud Abdul Qodir dalam sambutanyaj menyampaikan, “Kami. ucapkan terima kasih kepada seluruh walisantri kelas yang hadir pada hari ini yang tentunya dengan tujuan ikut merasakan kebahagiaan yang dirasakan oleh ananda dan adinda sekalian yang pada hari ini dilaksanakan prosesi wisuda”.

“Kepada wali santri dan santriwati, kami sampaikan bahwa luas tanah pondok pesantren yang dulu diberi wakaf H. Sulaiman dan H. Aisyah dari Ngadiwarno dan Ibu Hasanah serta Bapak Yaskur dari Jakarta, yang dulu 2 hektar Alhamdulillah sekarang sudah mencapai 10 hektar dan juga tanah keluarga yang berada di kanan kiri pondok mencapai 10 hektar. Kini Tanah Poondok Pesantren Darul Amanah memiliki tanah total 20 hektar”.

“Jumlah santri tahun ajaran 2022/2023 sekitar 2300 yang berasal dari berbagai daerah, termasuk juga santri dari luar Jawa dan untuk jumlah dewan guru kini mencapai 210”, Tambahnya Beliau juga menambahkan, “Tingkatan pendidikan di Pondok Pesantren Darul Amanah yaitu MTs, MA, SMK dan TMI”.

“Selamat kepada para santri seluruh Kelas 6 TMI bahwa kamu adalah santri yang berhasil, karena menyelesaikan studimu di Pondok Pesantren Darul Amanah. Kalian ingin kuliah boleh-boleh saja asalkan orang tua kalian masih siap untuk menyekolahkan kalian. Jika ortu kalian tidak siap, mencari ilmu tidak hanya kuliah saja, mondok dan semacamnya juga dikatakan mencari ilmu”, Pungkasnya.

Acara ditutup dengan pembacaan do’a dan sesi photo bersama wisudawan dan wisudawati bersama Bapak Pimpinan Pondok Pesantren Darul Amanah.

Wisuda memiliki maksa emosional yang mendalam bagi para santri. Ini adalah momen terakhir ketika mereka berkumpul sebagai satu kelompok di bawah atap pesantren yang sama. Mereka merenungkan kembali kenangan indah, tawa, dan tangisan yang mereka bagikan selama tahun tahun mereka bersama. Wisuda juga menjadi saat yang tepat untuk mengenang teman-teman dan guru yang telah membantu membentuk mereka menjadi pribadi yang lebih baik.

Sorry, the comment form is closed at this time.