KHUTBATUL ARSY : Kenalkan Pondok Pesantren, Mengenal Arti Kehidupan Pondok Pesantren

DARUL AMANAH –Salah satu kegiatan awal bagi santri baru yang dilaksanakan oleh Pondok Pesantren Darul Amanah adalah Khutbatul Arsy. Jika diluar pesantren kita lebih mengenal dengan istilah Masa Orientasi Sekolah (MOS), atau Masa Perkenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

Khutbatul Arsy, berdasarkan istilah bahasa adalah khutbah tertinggi, khutbah yang disampaikan oleh pimpinan pesantren dan guru-guru yang diberi kepercayaan oleh pondok untuk menyampaikan ceramah tentang nilai-nilai dan jiwa-jiwa kepesantrenan. Hal ini sangat penting untuk disampaikan kepada seluruh santri agar tidak salah niat ketika masuk di dalam pondok.

Juga bisa dikatakan Khutbatul Arsy adalah Khutbah yang dilaksanakan di atas langit, artinya yang berkhutbah di atas langit, yang mendengarkan di atas langit, kenapa? Karena yang disampaikan tentang nilai-nilai pesantren, jiwa-jiwa pesantren yang di dalamnya di dasari oleh Al-Qur’an dan Al-Hadits. Artinya, kegiatan ini sangat mulia, memberikan bekal kepada santri tentang kehidupan pesantren , arti perjuangan, arti kehidupan dan arti keilmuan.

Pondok Pesantren Darul Amanah laksanakan khutbatul Arsy untuk santri barunya dengan tujuan mengenalkan Pondok Pesantren kepada seluruh santri baru sebagai tempat tinggal barunya. Selain itu agar santri lama juga terus mengingat sejarah pondok dan memulai kembali niat baik datang ke pondok. Juga mengingatkan mereka tentang target yang harus dicapai selama mereka belajar di pondok.

Khutbatul Arsy yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Darul Amanah berlangsung selama 6 hari, terhitung dari awal pembukaan pada Sabtu, 16 Juli 2022 sampai dengan Kamis 21 Juli 2022.

Kegiatan yang berlangsung selama 6 hari tersebut dilaksanakan di masjid putri Pondok Pesantren Darul Amanah yang diikuti oleh seluruh santri baru dan dewan guru yang ikut mengawasi jalannya acara Khutbatul Arsy tersebut.

Materi yang disampaikan kepada santri baru juga terbagi menjadi beberapa bagian diantaranya :

  1. Khutbah Pimpinan Pesantren
  2. Kepesantrenan
  3. Adab Sopan Santun
  4. Kurikulum Pesantren
  5. Tata Tertib Santri
  6. Pembagian kelas MTs, MA, dan SMK.

Besar harapan dengan adanya kegiatan ini mampu menyadarkan santri tentang niat utamanya masuk ke Pesantren. Agar para santri memperbaharui niat mereka untuk benar-benar thalabul ilmi. Menuntut ilmu. Bukan hanya sekedar mencari ijazah.

Mengenal dan memahami orientasi pesantren sangat penting bagi seluruh santri , pemahaman dan pengenalan tidak cukup sekali, tapi harus dilakukan berkali-kali guna mengingatkan semua pada khitah awal pendirian pesantren.

Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun ajaran baru oleh pesatren-pesantren, khususnya Pesantren Darussalam Gontor dan Pesantren alumninya.

Scroll to Top