Dec 112023
 

Penampilan tari saman dari santriwati Pondok Pesantren Darul Amanah ikut memeriahkan kegiatan Harlah JPPPM Ke-8 di Pondok Pesantren Darul Amanah. Ahad, 10 Desember 2023.

Penampilan pembuka ini membuat seluruh peserta harlah dari berbagai nusantara merasa terpukau dan terhibur karena penampilan yang disuguhkan begitu bagus.

Tari saman dipilih karena merupakan salah satu media untuk menyampaikan pesan atau dakwah. Tarian ini mencerminkan pendidikan, keagamaan, sopan santun, kepahlawanan, kekompakan dan kebersamaan.

Tari Saman merupakan salah satu tari tradisional asal Indonesia yang bahkan sudah cukup dikenal di seluruh mancanegara. Tarian satu ini merupakan sebuah tarian suku dataran tinggi Gayo Aceh abad ke-XIV Masehi yang biasa ditampilkan ketika perayaan peristiwa-peristiwa penting di dalam adat.

Tari Saman memiliki keunikan yaitu dijuluki sebagai tari tangan seribu, hal ini karena para penari saman harus konsentrasi dalam melakukan setiap gerakannya agar ketika melakukan gerakan cepat selalu ada kontrol dan gerakan cepat. Selain itu, gerakannya pun harus sama dengan penari lainnya.

Sorry, the comment form is closed at this time.