Tingkatkan Potensi Bahasa Santri : Darul Amanah Gelar Festival Bahasa dan Seni Tahun 2020

Pimpinan Pesantren, KH. Mas’ud Abdul Qodir didampingi wakil Pimpinan, KH. M. Fatwa resmikan lepaskan balon pada pembukaan FBS V

KENDAL— Pondok Pesantren Darul Amanah mengadakan Upacara Pembukaan Festival Bahasa dan Seni ke-5 Tahun 2020, Rabu (15/1/2020).

Acara yang merupakan agenda tahunan ini diselenggarakan di Lapangan Darunnajah, Kampus Pondok Pesantren Darul Amanah dengan mengusung tema “Language and Art Spear Civilization of Modernized Countries”.

Adapun jenis perlombaan yang akan ditandingkan yaitu drama contest, arabic and english Song a sing, Qordu Syi’ir, broadcasting, english and arabic debate, lcc, arabic and english spech contest, scrable, rangking 1, hikayat, fathul qomus, qiroatul kutub, tasrif lughowi perkusi, kaligrafi, grafity, face painting, kreasi mading, landscape dan prespektif.

Sebagai Inspektur Upacara, Ust Muhrodi, M.Pd dalam Amanatnya mengatakan,”Bahasa adalah Karakter mu, barangsiapa yang tidak mempunyai bahasa baik dan tinggi akan dipastikan bukan dari orang beradab, dan barang siapa tidak punya adab maka termasuk golongan tidak berkarakter.

“Sebuah Pepatah mengatakan, bahwa bahasa adalah setengah dari Ilmu, dan bahasa juga ada kuncinya. masa sekarang bahasa persatuan dunia adalah inggris dan arab, maka sebuah keniscayaan sebagai manusia/ pelajar harus menguasainya, tanpanya maka akan tergilas zaman. dan representasi keberadaban bahasa adalah melalui seni”, Ujar Ustad Mahrodi.

Beliau menambahkan, pada dasar ini keseluruhan keilmuan berkaitan dengan Ilmu dan seni. bisa kita lihat seluruh buku referensi induk keilmuan akan menggunakan dua bahasa tadi. contoh terdekat yaitu sumber keislaman, peradaban, kesejarahan, dan ekonomi makro dan mikro pasti menggunakan dua bahasa tersebut.

“Untuk itu ada sebuah pepatah saya mengatakan, Tidak ada bahasa bagi orang tidak berakal, dan tidak ada keindahan bagi siapa yang tidak tahu seni”.Pungkasnya.

Doa dipimpin langsung oleh Pimpinan Pondok Pesantren Darul Amanah, KH. Mas’ud Abdul Qodir dilanjutkan Pelepasan Balon sebagai tanda dibukanya acara Festival Bahasa dan Seni ke-5 Tahun 2020.

Setelah pembukaan, dilanjutkan penampilan-penampilan dari santri putra dan putri seperti tari india, tari kombinasi, drama bahasa inggris dan penampilan lainya.

Sebagai penutup, Rombongan Media Jateng Pos Semarang memberikan Penghargaan kategori “Best Archive in Study” kepada Pimpinan Pondok Pesantren Darul Amanah KH. Mas’ud Abdul Qodir yang diwakili KH. Muhammad Fatwa , M.Pd.

Scroll to Top