Santri Akhir Pondok Pesantren Darul Amanah Ikuti Pelatihan Pendidikan Guru Taman Pendidikan Al-Qur’an (PGTPQ) ke-21

NGADIWARNO- Santri Akhir Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo Kendal mengikuti Pelatihan Pendidikan Guru Taman Pendidikan Al-Qur’an (PGTPQ) Ke-21 di Masjid Putri, Jum’at-Sabtu, 23/02/2024- 24/02/2024.

Acara ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang diadakan oleh Pondok Pesantren Darul Amanah sebagai sarana melatih mendidik calon guru TPQ yang baik bagi santri akhir kelas 6.

Di tengah dinamika zaman modern, pendidikan agama perlu disampaikan secara menyeluruh dan berkesinambungan, salah satunya melalui Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA). Untuk memastikan kualitas pengajaran agama Islam di TPA, penting untuk melaksanakan pelatihan pendidikan bagi para guru yang bertugas di lembaga tersebut.

Materi pelatihan PGTPQ ke-21 ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan pemahaman para pengajar dalam menyampaikan materi agama Islam secara efektif kepada para siswa. Sebuah artikel yang menggali lebih dalam tentang pelatihan pendidikan guru TPA akan memberikan wawasan yang lebih baik tentang bagaimana hal ini dapat membantu meningkatkan mutu pendidikan agama.

Pimpinan Pondok Pesantren Darul Amanah dalam sambutanya menyampaikan, bahwa sebaik-baik kalian adalah orang yang mau mempelajari al-qur’an dan mengamalkannya.

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ اْلقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ

Artinya: Sebaik-baik orang di antara kamu adalah orang yang belajar Al- Qur’an dan mengajarkannya. (HR. Bukhari)

“Harapan kami, setelah lulus kalian bisa mengamalkan ilmu apa yang sudah di dapat di pesantren dipraktekan dimasyarakat Kelak”, Tutupnya.

Ustadz Saib, S.Pd, Ketua Panitia Pelaksana mengatakan, pelatihan ini bertujuan meningkatkan kemampuan Santri Darul Amanah dalam mendidik anak-anak dalam pembelajaran al-qur’an.

Dia menjelaskan poin utama pada pelatihan kali ini adalah mengasah kemampuan santri dalam menerapkan metode Qiro’ati dalam pembelajaran al-qur’an di masyarakat.

Manajemen kelas yang efektif menjadi kunci dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif di TPA. Guru perlu dilatih dalam mengelola waktu, merencanakan kegiatan pembelajaran, serta mengatasi tantangan dalam kelas dengan bijaksana.

Tujuan khusus Pelatihan PGTPQ dengan metode Qiro’ati adalah Menjaga dan memelihara kehormatan, kesucian, dan kemurnian al-qur’an dari cara membaca yang benar, sesuai dengan kaidah tajwidnya, Imbuhnya.

Scroll to Top