Pramuka Gugus Depan Pondok Pesantren Darul Amanah Laksanakan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) Tahun 2020

UPacara Pembukaan Penerimaan Tamu Ambalan Fatahillah, Pondok PEsantren Darul Amanah. Kamis (10/9/2020)

PTA adalah singkatan dari Penerimaan Tamu Ambalan yang merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan khusus dengan tujuan melantik sekaligus menerima calon Tamu Ambalan yang berpangkalan di Gugus Depan. Penerimaan Tamu Ambalan dapat dilakukan melalui beberapa cara diantaranya yaitu Perkemahan, Upacara atau Upacara saja. Namun dalam Pelaksanaanya, banyak pangkalan yang Melakukan Pelantikan Tamu Ambalan dengan Perkemahan dan Upacara.

Ambalan Penegak atau sering hanya disebut ambalan adalah satuan organik dalam Gerakan Pramuka yang terdiri atas paling banyak 32 orang Pramuka Penegak. Ambalan Penegak dibagi dalam 4 sangga yang masing-masing sangga terdiri atas 6–8 orang Pramuka Penegak. Ambalan Penegak merupakan tempat pembinaan Pramuka berusia 16 sampai 20 tahun yang disebut Pramuka Penegak.

Kamis-Jumat, 10-11 September 2020, Gugus Depan Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo Kendal Melaksanakan Perkemahan Penerimaan Tamu Ambalan Fatahillah (Putra) di Lapangan Darunnajah dan Penerimaan Tamu Ambalan Rabiah Al Adawiyah (Putri) di Lapangan Walisongo.

Acara rangkaian kegiatan penerimaan tamu ambalan tahun 2020, meliputi Upacara Pembukaan, Materi Pendirian Tenda, Kepemimpinan, Api Unggun, Senam Bersama, Scouting Game dan lain sebagainya serta diakhiri Pelantikan.

Kegiatan dibuka pada pukul 15.00 dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh Kak Muhammad Bahrudin, M.Pd selaku Kepala Majelis Pembimbing Koordinator Harian (Mabikori) Pondok Pesantren Darul Amanah.

Dalam amanatnya Kak Muhammad Bahrudin, M.Pd menyampaikan agar kegiatan PTA ini diikuti dengan baik oleh seluruh peserta  Semoga gerakan pramuka gugus depan Pondok Pesantren Darul Amanah mampu mandiri sekaligus menjalankan kegiatan sesuai dengan pengamalan Dasa Dharma dan Tri Satya pramuka.

“Pramuka di Darul Amanah sudah ada sejak pertama pondok didirikan. Ini adalah bukti nyata bahwa pramuka Darul Amanah memiliki peran penting dalam pembentukan karakter santri dan anak bangsa”, Imbuhnya.

 

Sebagai Penutup Kak Bahrudin Berpesan kepada seluruh Peserta agar bisa mengikuti pelaksanaan PTA ini dengan semangat, dan tetap memperhatikan kesehatan serta mematuhi protocol kesehatan yang berlaku.

Scroll to Top