Ratusan Santri Darul Amanah Ikuti Pelatihan Nahwu Metode Al-Fahmu

metode al fahmu
Ustadz Asep Saifullah, sedang menyampaikan materi metode pembelajaran Nahwu, Al-Fahmu, kepada santri DArul Amanah

Ilmu Nahwu merupakan salah satu ilmu kunci dalam mendalami ilmu-ilmu lainnya. Dengan menguasai ilmu nahwu, maka akan memudahkan kita dalam mendalami cabang ilmu lainnya, seperti fiqih, Aqidah, bahkan Al-Qur’an. Hal ini dikarenakan ilmu nahwu menjadi alat dalam menelaah kitab-kitab dengan bahasa arab.

Kesadaran inilah yang kemudian menjadikan Pondok Pesantren Darul Amanah memiliki keinginan untuk memberikan pembelajaran yang lebih mendalam kepada santri tentang ilmu nahwu.

Jum’at (28/8/2020) ratusan santri kelas 5 dan6 TMI Pondok Pesantren Darul Amanah ikuti pelatihan Nahwu metode Al-Fahmu, di Masjid putri Darul Amanah.

Pelatihan ini diisi langsung oleh pencetus metode Al-Fahmu, yakni Ustadz Saefullah, Pimpinan Pondok Pesantren Darussalam, Pandeglang, Banten.

Metode pembelajaran Nahwu, Al-Fahmu adalah satu dari banyaknya metode belajar nahwu. Perbedaan metode ini dengan yang lainnya adalah, teori pembelajaran yang ditawarkan sangat mudah untuk difahami oleh santri.

Hal tersebut sudah diakui oleh banyak pesantren yang sudah didatangi oleh Ustadz Asep, sejak tahun 2019 lalu. Mereka yang telah mengikuti pelatihan nahwu metode Al-Fahmu menyatakan bahwa metode ini adalah yang termudah untuk difahami.

“Sebenarnya, saya membuat buku dan metode Al-Fahmu ini, pada awalnya hanya saya gunakan intern di Pondok kami. Namun banyak dari teman-teman saya yang mendorong saya agar menyebar luaskannya, karena menganggap metode ini sangat mudah untuk difahami dan harus disebar luaskan” tutur Ustadz Asep.

Pernyataan serupa juga diungkapkan oleh salah satu santri Darul Amanah yang mengikuti pelatihan ini. Adam Veraldi, santri kelas 6 TMI, menyebutkan bahwa dirinya merasakan betul, bahwa metode ini sangat mudah untuk difahami.

“Menurut saya, pembelajaran nahwu metode ini sangatlah mudah untuk dicerna.  Selama mengikuti pelatihan ini, saya dan kawan-kawan dapat dengan mudah memahami qaidah qaidah nahwu yang selama ini masih menjadi hal yang rumit bagi kami.” Jelas Adam.

Ust. H. Muhammad Fatwa, M.Pd, wakil pimpinan Pondok Pesantren Darul Amanah, mengharapkan, dengan adanya pelatihan ini, santri-santri bisa lebih memahami ilmu nahwu, serta lebih giat dalam belajar ilmu nahwu.

Scroll to Top