Tingkatkan Mutu Pendidikan, MTs Darul Amanah Ikuti Program penguatan KKKS dan MKKS

KENDAL- Kepala Madrasah MTs Darul Amanah yang diwakili Ustadz Anif Khanafi, S.Pd.I ikuti program penguatan KKKS dan MKKS Mitra Tanoto Foundation. Rabu-Kamis, 28-29/09/2022.

Bertempat di Ruang Pertemuan SMP N 2 Weleri, para kepala sekolah SDN dan SMP serta kepala madrasah MI dan MTs mitra Tanoto Foundation mengikuti penguatan KKKS dan MKKS yang diselenggarakan oleh Tanoto Foundation kerjasama dengan pengurus KKKS dan MKKS Kabupaten Kendal.

Pada hari rabu sesi pertama yang disampaikan oleh Ibu Lia pengawas sekolah Kabupaten Kendal mengenai bagaimana cara memberikan umpan balik yang efektif saat supervisi.

“Sekolah memberikan kesempatan guru untuk merefleksikan potensinya sendiri, memaparkan analisis hasil potensi guru, menyepakati satu langkah perbaikan oleh guru beserta alasannya, menyepakati waktu perbaikan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran,”Terang Ibu Lia.

Sesi kedua Bapak Supardi, M.Pd menyampaikan praktek pemberian umpan balik yang efektif saat supervisi, beliau memetakan ada empat kriteria minimal dalam menyiapkan pembelajaran yang baik yaitu: menentukan indikator tujuan pembelajaran, menyusun media pembelajaran, penguasaan peserta didik, dan komponen asesmen atau penilaian.

“Dengan memetakan empat hal tersebut melalui google form sehingga guru bisa mengisi form sesuai dengan kondisi realnya” Ungkap beliau.

Pada hari kamis sesi pertamanya Ibu Diannita Ayu Kurniasih, Fasilitator Nasional menyampaikan materi Diagnosa bermutu, tindakan jitu raport pendidikan.

“Dengan raport pendidikan sekolah atau madrasah akan melihat hasil ANBK yang berisi daftar nilai beberapa komponen antara lain point yaitu A.1 berisi tentang Kemampuan Literasi, A.2 Kemampuan Numerasi, A.3 Karakter, D.1 Kualitas pembelajaran, D.2 Refleksi dan perbaikan pembelajaran, D.3 Kepemimpinan intruksional, D.4 Iklim keamanan sekolah, D.8 Iklim kebhinekaan dan E partisipasi warga sekolah,” Terang Ibu Ayu Kurniasih.

“Tahapan dalam melakukan perencanaan berbasis data berdasarkan raport pendidikan yaitu Identifikasi, Refleksi dan benahi sesuai dengan Rekomendasi raport pendidikan dari hasil analisis”, Lanjutnya.

Scroll to Top