Juara 1 Tingkat ASEAN, Santri Pondok Pesantren Darul Amanah Bangkitkan Peradaban Islam

JAWA TIMUR- Jamilatunisak Kelas XII Agama² Santri Pondok Pesantren Darul Amanah Ngadiwarno Sukorejo Kendal Raih Juara 1 Lomba Ghina’ Aroby (Menyanyi Bahasa Arab) dalam acara Festival Dunia Arab 4.0 yang diselenggarakan oleh Universitas Darussalam (UNIDA) di Mantingan, Ngawi, Jawa Timur.

Kegiatan ini bernama Festival Dunia Arab 4.0. Adapun tema yang terkait dengan acara ini adalah: “Bahasa Arab sebagai Kunci Kebangkitan Peradaban Islam.”

Kegiatan Festival Dunia Arab 4.0 ini dihadiri secara hybrid (offline dan online) dari berbagai Universitas-universitas se-Asia Tenggara dan juga santri pondok modern Darussalam Gontor serta pondok pesantren se-Indonesia yang tergabung dalam Forum Pondok Alumni Gontor.

Festival Dunia Arab 4.0 Adalah Sebuah perlombaan Bahasa arab tingkat asean yang di selenggarakan oleh program studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Darussalam Gontor sebagai wadah pengasah kemampuan Siswa/i serta Mahasiswa/i dalam hal kegiatan tersebut juga melatih betapa pentingnya sebuah Pendidikan Bahasa arab dalam keislaman dan kegiatan untuk terciptanya buih bakat dan perjuangan anak muda pada zaman sekarang untuk membangkitkan peradaban islam di ranah ASEAN.

Selain itu, Kegiatan yang diberi nama Festival Dunia Arab (FDA) ini diadakan sebagai bentuk untuk memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran bahasa Arab guna menghadapi era 5.0 dan Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan serta meningkatkan inovasi, kreatifitas dan spiritualitas mahasiswa dalam meningkatkan bahasa lebih baik. Kegiatan ini juga berguna untuk menciptakan lingkungan berbahasa serta menumbuhkan kecintaan akan bahasa Arab.

Pimpinan Pondok Pesantren Darul Amanah KH. Mas’ud Abdul Qodir menyampaikan rasa syukurnya kehadirat Allah SWT atas prestasi yang diraih oleh santri Pondok Pesantren Darul Amanah.

“Alhamdulillah hari ini santri Pondok Pesantren Darul Amanah bisa meraih juara 1 lomba menyanyi bahasa arab tingkat ASEAN, tentunya ini semua berkat doa dan perjuangan para pembimbing serta seluruh pembina yang terlibat”, Ujar Pimpinan Pesantren.

Pimpinan Pesantren Menambahkan, “Bahasa Arab adalah salah satu bahasa internasional yang wajib dikuasai oleh santri di era globalisasi dan digunakan oleh santri Pondok Pesantren Darul Amanah sebagai salah satu bahasa pengantar sehari-hari. Karena bahasa arab adalah bahasa yang tidak bisa dipisahkan dari Islam. Bahasa ini sering juga disebut sebagai bahasa Islam. Selain itu, bahasa ini juga dikatakan sebagai bahasa Al-Quran, karena Al-Quran ditulis dengan bahasa tersebut”.

“Bahasa Arab sekarang digunakan sebagai bahasa resmi Liga Dunia Islam (Rabithah Alam Islami), Dan Organisasi Konferensi Islam (OKI) yang terdiri dari 45 negara Islam atau negara yang mayoritas Muslim”, Lanjutnya.

“Kami berharap anak-anak santri Darul Amanah bisa terus berprestasi baik sisi akademik dan non akademik guna menjadi calon pemimpin umat islam yang akan datang”, Tutup Pimpinan Pesantren.

Scroll to Top