Aug 272023
 

Bertempat di Gubuk Pentjen, Kec. Gunung Pati, Kota Semarang diselenggarakan Malam Keakraban (MAKRAB) sebagai ajang silaturahmi antar Alumni Iksada Semarang. kegiatan tersebut merupakan salah satu agenda rutin yang diselenggarakan oleh Iksada di masing-masing daerah. Dengan tujuan sebagai media kaderisasi dan keakraban diri dengan sesama alumni, juga sebagai tempat untuk sharing setiap permasalahan dan lebih mengenal lagi mengenai Iksada.

Mereka yang tergabung dalam IKSADA atau Ikatan Santri Alumni Darul Amanah Adalah mereka yang telah menyelesaikan pendidikannya di Pondok Pesantren Darul Amanah selama 6 tahun, atau yang kerap juga disebut dengan alumni. Dengan adanya IKSADA ini diharapkan dapat mempererat tali silaturahim antara alumni di seluruh wilayah Indonesia.

Pondok Pesantren Darul Amanah salah satu pondok pesantren yang sudah memiliki banyak alumni di berbagai daerah Indonesia. Terbentuknya IKSADA (Ikatan Santri Darul Amanah) adalah sebagai wadah kaderisasi bagi para alumni di seluruh Indonesia.

Dalam perjalananya, sudah ada kurang lebih sembilan cabang IKSADA yang tercatat dan terorganisir secara baik. Beberapa diantaranya berpusatkan di Universitas dan perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Yang mana setiap tahunnya iksada di berbagai daerah melaksanakan reorgansasi untuk kepengurusan pada angkatan selanjutnya.

Dengan diadakannyya makrab iksada ini berharap anggota organisasi memiliki kesempatan untuk berinteraksi, saling mengenal lebih jauh, serta membangun kerjasama yang lebih baik. Melalui makrab, anggota memiliki kesempatan untuk berbicara tentang minat pribadi, hobi, dan hal-hal santai lainnya. Ini dapat membantu memecah kebekuan antar anggota dan menciptakan ikatan yang lebih pribadi.

Selain itu, makrab juga mendorong terbentuknya tim yang lebih solid. Dalam konteks organisasi yang memiliki tim kerja, acara ini memungkinkan anggota tim untuk lebih memahami kepribadian dan gaya kerja satu sama lain di luar lingkup profesional. Hal ini dapat meningkatkan sinergi dan efektivitas tim ketika bekerja bersama dalam proyek-proyek penting.

Iksada Semarang salah satu cabang IKSADA yang berpusatkan di daerah Semarang dan beranggotakan para alumni yang tinggal sekitar wilayah semarang dan melanjutkan studinya di Kota mauapun Kab. Semarang.

Asroful Anam alumni tahun 2021 selaku ketua pengurus IKSADA Semarang mengadakan Makrab (Malam Keakraban) untuk seluruh anggota IKSADA Semarang baik lama ataupun baru. Kegiatan ini diketuai Oleh Faiq Aufan Nuha alumni tahun 2022, dengan harapan terbinanya silaturahim, kerukunan dan menumbuhkan rasa kebersamaan antar sesama alumni Darul Amanah.

Kegiatan ini mengusung tema “Rekatkan Solidaritas Mewujudkan Keakraban”. Setidaknya diikuti kurang lebih 30 alumni Darul Amanah asal Semarang dan yang melanjutkan pendidikannya di Semarang. Acara Makrab Iksada Semarang dilaksankan selama 2 hari terhitung mulai dari tanggal 26-27 Agustus 2023.

Turut hadir dalam acara tersebut yaitu Ustadz Ahmad Indratno selaku Ketua IKSADA Pusat dan Ustadz Nawaf Syarif selaku pengurus harian IKSADA Pusat. Dalam Sambutanyya Ustad Indratno, S.Pd Menyampaikan banyak pengalaman serta pesan dan menjelaskan sepatah kata tentang apa itu IKSADA dan apa tujuan dari IKSADA itu sendiri.

Selain efek positifnya terhadap hubungan antar anggota, makrab juga dapat memberikan dampak positif terhadap kinerja organisasi. Keakraban dan hubungan yang kuat antaranggota dapat meningkatkan komunikasi internal, mengurangi konflik, serta meningkatkan rasa memiliki terhadap organisasi.

Sorry, the comment form is closed at this time.