Jan 152013
 

Pembukaan LPDQ, dibuka oleh pimpinan pesantren KH. Mas'ud Abdul Qodir

sukorejo/ da.com- Kegiatan LPDQ ini merupakan salah satu kegiatan tahunan pondok pesantren darul amanah. Semula kegiatan ini dinamakan PGTPQ ( pelatihan guru TPQ ). Namun mulai tahun kemarin, nama kegiatan ini diubah menjadi LPDQ ( Lembaga Pendidikan Dewasa Al-Qur’an ) berdasarkan masukan dan saran dari para pembina PUSADA ( Pusat study Al- Qur’an Darul Amanah ), dan dari Korcam Metode Qiro’ati.

Pelatihan metodologi dari korcam oleh ustadz Aziz

Dalam kegiatan ini, para santri kelas 6 TMI dilatih bagaimana mengajar TPQ, metode mengajarkan TPQ, cara mengelola dan mendirikan TPQ dengan tujuan ketika mereka lulus dari pondok pesantren darul amanah, mereka bisa mengajar TPQ bahkan memdirikan TPQ di daerah mereka masing- masing. Mulai tahun ini, ada tambahan satu kegiatan dalam LPDQ yaitu MMQ ( Majelis Murottilil Qur’an ) yaitu saling menyimak, saling membetulkan dan menyamakan bacaan Al- Qur’an. Kegiatan ini sudah sepuluh tahun dilakukan dan sudah memberikan hasil yang sangat baik diantaranya dari para alumni pondok pesantren darul amanah sudah banyak yang menjadi guru TPQ di luar, ada juga yang sudah mendirikan TPQ.

Metodologi pengajaran Ghorib dan Tajwid oleh Ustadz Ali Najib, S.Pd.I Al- Hafidz

Untuk tahun ini, LPDQ dilaksanakan mulai hari Sabtu ( 12/01) sampai hari senin ( 14/01) dan diikuti oleh lebih dari 200 santri kelas 6 TMI putra dan putri yang mana dilaksanakan di masjid putri. Dalam LPDQ ini, mereka diberikan pengajaran tentang metode- metode mengajarkan qiro’ati oleh Tutor dari Korcam yaitu oleh Ustadz Ali Najib, S. Pd.I Al- Hafidz dan Ustadz Aziz, dari Korcab yaitu KH. Ibnu Mas’ud Al- Hafidz, administrasi pendidikan TPQ oleh ustadz S. Pd.I dan Ustadz Mansur, S. Pd.I dan dari para Ustadz dan Ustadzah pembina LPDQ dari ponpes Darul Amanah. Kegiatan ini dimulai pada hari sabtu( 12/01) pagi. Dibuka dan diresmikan oleh pimpinan pesantren darul amanah KH. Mas’ud Abdul Qodir.

metodologi dari korcab oleh KH. Ibnu Mas'ud Al- Hafidz

Pada hari sabtu( 12/01) para santri diberikan pelatihan Metodologi Qiro’ati dari korcam yaitu oleh Ustadz Ali Najib , S. Pd. I Al- hafidz dan Ustadz Aziz, pada hari Ahad ( 13/01) diberikan pelatihan Keadministrasian lembaga pendidikan TPQ oleh Ustadz Mansur, S. Pd.I, pada hari Senin diberikan pelatihan metodologi qiro’ati lagi dari korcab oleh KH. Ibnu Mas’ud Al- Hafidz.

Pelatihan Administrasi pendidikan TPQ oleh Ustadz Mansur, S. Pd.I

Pada hari Ahad jiga diadakan tashih mula jam 09.00 WIB yaitu setelah pelatihan administrasi sampai jam 16.00 WIB. Kegiatan LPDQ ini selesai dan ditutup pada hari senin ( 14/01) sore.

kegiatan MMQ

Sorry, the comment form is closed at this time.