HSN 2020 : Pondok Pesantren Darul Amanah Gelar Upacara Peringatan Hari Santri

Upacara Peringatan Hari Santri tahun 2020 Pondok Pesantren Darul Amanah, Kamis (22/10/2020)

Upacara Bendera Peringatan hari Santri 2020 dilaksanakan serentak pada tanggal 22 Oktober dengan tema “Santri Sehat Indonesia Kuat” sebagai tema Peringatan Hari Santri 2020.

Hal serupa pun turut dilakukan oleh Pondok Pesantren Darul Amanah, seluruh santri baik putra maupun putri sudah menggelar serangkain acara, dimulai sejak tanggal 21 Oktober dengan pembacaan Khataman Al-Qur’an secara serentak dan berbagai kegiatan lainya seperti lomba pidato 3 bahasa (arab, indonesia, inggris), Qiroatul Kutub, Senam, Futsal, Tahfidzul Qur’an, Adzan, Tilawah, Rebana, Kaligrafi dan perlombaan lainya.

Hari Kamis, Pada tanggal 22 Oktober 2020 seluruh santri dan guru Pondok Pesantren Darul Amanah mengikuti upacara bendera untuk memperingati HSN di Lapangan Darunnajah pada pukul 08:00 WIB.

Pada upacara kali ini Ustadz Zaenal Abidin, S.Pd.I, menjadi pembina upacara HSN. Beliau menyampaikan beberapa amanat yang menjadi pembangkit semangat seluruh santri yang hadir dalam upacara HSN.

“Santri masa kini harus bisa mengambil contoh peran pemuda pada masa lalu yaitu ikut berjuang dalam menggapai kemerdekaan indonesia dengan penuh perjuangan”, ucapnya.

Beliau menambahkan, “Peran santri masa kini harus mempersiapkan diri dalam ilmu pengetahuan agama, umum dan wawasan lainya, guna santri menjadi garda terdepan di masyarakat”.

“Alhamdulilah, Presiden Joko Widodo telah menandatangani Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 tentang penetapan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional, sehingga kita harus bangga dan bahagia”, Imbuhnya.

“Selain penetapan hari santri, santri dan pesantren juga memiliki undang-undang nomor 18 tahun 2019 Tentang Pesantren. Undang-undang ini memberikan afirmasi, rekoginisi, dan fasilitasi terhadap pesantren dalam melaksanakan fungsi pendidikan, dakwah, dan pemberdayaan masyarakat”, Lanjutnya.

Sebagai penutup beliau berpesan, “Kepada seluruh peserta upacara untuk senantiasa menjaga kesehatan di masa musim pandemi ini, dengan cara makan dan istirahat yang cukup serta selalu berolahraga, sehingga meski di masa pandemi ini santri bisa menjadi santri sehat dan indonesia kuat”.

Scroll to Top