Festival Dolanan Tradisional : P5 P2RA KEARIFAN LOKAL MTs Darul Amanah

Kegiatan Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin (P2RA) berlangsung pada Selasa 20 Februari 2024 di GOR Darussalam Pondok Pesantren Darul Amanah. Kegiatan P5 dan P2RA merupakan salah satu inovasi dalam kurikulum merdeka yang bertujuan untuk memberikan siswa pengalaman nyata dalam mewujudkan nilai-nilai luhur Pancasila melalui serangkaian aktivitas projek pembelajaran baik di dalam maupun di luar kelas.

Kegiatan ini merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu yang diikuti oleh seluruh siswa kelas VII dengan target siswa mampu mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil ‘Alamin.

Kegiatan gelar projek P5 dan P2RA dibuka secara resmi oleh kepala madrasah Ustadz Badruddin S,Pd.I . Dalam sambutannya beliau mengatakan kegiatan projek P5 dan P2RA kali ini berupa kegiatan senam irama kebugaran jasmani dengan mengusung tema “Kearifan Lokal”. Diharapkan seluruh siswa untuk mengikuti dengan sebaik-baiknya guna merasakan manfaatnya untuk kesehatan, ungkapnya.

Salah satu yang ditekankan adalah kegiatan ini sangat bergantung pada komitmen seluruh siswa beserta wali kelas untuk bersama-sama berproses dalam kegiatan ini secara maksimal. Dalam kegiatan festival dolanan tradisional, seluruh siswa kelas VII akan melakukan kegiatan perlombaan.

kegiatan festival dolanan tradisional dengan pertimbangan bukan hanya nilai gotong royong, bernalar kritis dan kreatif yang dapat dimunculkan pasca kegiatan ini dilangsungkan namun juga dapat meningkatkan jiwa cinta tanah air dan nasionalisme siswa MTs Darul Amanah.

Permainan dimainkan dengan system perlombaan. Dipanitiai oleh agen dari berbagai kelas dibantu oleh Bapak Ibu guru yang menjadi bagian dari TIM P5 kelas VII kegiatan permainan estafet egrang, bakiak dan karung, permainan gobak sodor dan permainan tarik tambang berjalan sesuai jadwal. Para siswa yang telah ditunjuk untuk menjadi perwakilan kelas dalam permainan telah bersiap di area bermain masing-masing.

Kegiatan ini diakhiri dengan pembagian hadiah. Pembagian hadiah menjadi obat Lelah dari seluruh rangkaian kegiatan P5 bertemakan kearifan lokal.

Scroll to Top