Coaching And Developing Team Coordinator : Wujudkan Apa Yang Kalian Katakan

Coaching And Developing Team Coordinator : Wujudkan Apa Yang Kalian Katakan

BATANG – Sebanyak 24 Pengurus Koordinator Pramuka masa bhakti 2022/2023 gelar Coaching And Developing Team Coordinator, di tempat wisata Sikembang Park, Blado, Batang, Kamis, (3/3/2022).

Sebagai seorang pemimpin, kita bukan hanya memiliki tanggung jawab untuk memastikan organisasi kita mencapai target-targetnya, namun juga bagaimana kita mengembangkan organisasi tersebut. Ada berbagai macam bentuk pengembangan sebuah organisasi yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan Coaching.

Coaching adalah suatu proses pelatihan yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk membentuk suatu kemampuan dalam meraih tujuan tertentu di dalam organisasi.

Adanya coaching sendiri, agar dapat membantu setiap organisasi untuk menemukan hal-hal yang diperlukan, yang bisa membangun empati, rasa memiliki, dan meningkatkan kualitas komunikasi dalam organisasi.

Dalam Coaching and Developing Team Coordinator ini, dilaksanakan pada malam hari ditengah kabut yang menyelimuti dinginnya suasana malam. Meskipun ditengah suasana dingin ini, tidak ada alasan bagi pengurus baru Koordinator Pramuka untuk mengembangkan organisasinya lewat pelatihan ini.

Pengurus baru koordinator Pramuka tentunya juga siap untuk menerima ilmu dan pembelajaran yang mana pada malam ini ditemani oleh Sekretaris Kwarda 1 Jawa Tengah, Kak Ahmad Istajib, S.Pd dan Pengurus Kwarda Jawa Tengah Kak Nur Kholis, yang siap membimbing memberikan ilmu dan pengalamannya untuk kemajuan kepengurusan Koordinator Pramuka Darul Amanah.

Dibuka dengan basmalah dan disambung sambutan oleh pembina Pramuka Darul Amanah kak M Bakhrudin M.Pd. beliau menyampaikan, “Pada malam hari ini kita laksanakan kegiatan Pramuka diluar pondok, tidak lain untuk mencari pendidikan, dengan demikian bahwa seorang santri menerima pendidikan tidak hanya didalam pesantren, namun juga bisa lewat kegiatan yang diselenggarakan diluar pesantren. Kegiatan ini kita laksanakan diluar juga agar kalian bisa refresing dan melihat suasana diluar pondok. Semoga apa yang orang tua kalian cita citakan, keluarga kalian, juga kalian sendiri tentunya yang dari awal melangkahkan kakinya masuk ke Pondok Pesantren Darul Amanah dan sampai saat ini”.

Ucapan terimakasih kami ucapkan kepada kak tajib dan juga kak Kholis yang sudah membimbing kami, bukan hanya dibidang kepramukaan melainkan juga dibidang lainnya. Kami hanya bisa berharap untuk kedepannya agar beliau masih tetap bersedia memberikan arahan, bukan sampai disini, juga untuk memberikan yang terbaik untuk pondok pesantren”, Tambahnya.

Dan selanjutnya disambung dengan Coaching And Developing Team Coordinator yang disampaikan oleh Kak Istajib dan Kak Kholis. Dalam Coaching yang diberikan Kak Istajib menekankan agar pada acara malam ini tidak hanya bisa mendengarkan, namun bisa angkat bicara, angkat tangan, dan angkat pikiran tentunya.

Beliau memberikan banyak ilmu dan pengalamannya dalam penyampaian materi, beliau juga tidak terlepas dari permainan-permainan, yang nantinya juga bisa diterapkan pada kegiatan Pramuka.

“Dalam sebuah organisasi untuk menjadikan organisasi tersebut berkembang, dari 24 Anggota Pengurus Koordinator Pramuka ini harus tahu, dalam sebuah organisasi kalian itu sebagai apa dan apa tugas kalian”, Tuturnya.

“Salah satu tugas berat yang harus dijalani dalam sebuah organisasi, yaitu keras diantara satu tim. Keras disini mengartikan bahwa dalam sebuah organisasi harus bisa membangun kepercayaan satu dengan yang lainnya. Cara yang dapat dilakukan adalah memulai untuk saling berbagi kepada rekan satu tim dalam hal apapun, baik suka maupun duka. Hilangkan rasa curiga antar rekan satu tim dan mulailah untuk mengerjakan sesuatu bersama-sama”. Lanjutnya.

Kak Kholis juga ikut menyampaikan pada sebuah permainan Dimana pada permainan tersebut mengajarkan agar Fokus pada apa yang kita lakukan Fokus pada apa yang kita katakan. “Dalam sebuah organisasi tentunya setiap bagian memiliki sebuah tugas dan tanggung jawab. Penting bagi organisasi masing-masing individu saling mengerti tugas dan tanggung jawabnya secara baik, dan harus ikut berkontribusi dalam menjalankan sebuah organisasi tersebut, maka akan sangat membantu dalam membangun tim work yang solid dan kolaboratif. Fokus pada apa yang kita katakan, wujudkan apa yang sudah kalian katakan”.

Dengan mengikuti pelatihan ini, diharapkan peserta dapat:

  1. Mengerti dan memahami bentuk dan manfaat kerja sama tim dalam mencapai tujuan bersama
  2. Mampu membentuk anggota kelompok yang mempunyai identitas dan berbudaya prestasi
  3. Mampu memimpin kelompok menjadi team yang effektif dan produktif dan menyenangkan
  4. Membedakan pekerjaan mana yang paling baik dikerjakan secara individual dan mana yang dikerjakan dengan kerja sama tim.
  5. Menciptakan kohesi dan mendorong kelompok menjadi tim yang solid dan berprestasi
  6. Teknik pelaksanaan coaching dan mentoring yang efektif.
Scroll to Top