Kumpul Wali Santri Kelas 6 TMI Pondok Pesantren Darul Amanah, Persiapan Menghadapi Ujian Nasional, Penyampaian Hasil Try Out 1 dan 2 serta Istighosah dalam menghadapi Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2015/2016

Pesantren, Gontor, Darunnajah, Pesantren Terbail di Kendal dan jawa tengah

Pimpinan Pesantren Darul Amanah KH.Mas’ud Abdul Qodir mengundang seluruh wali santri kelas 6 TMI Pondok Pesantren Darul Amanah untuk hadir di aula (rumah) pimpinan pesantren Sabtu (26/3) dalam rangka sosialisasi persiapan Ujian Nasional dan pembekalan wali santri kelas 6 TMI. Sosialisasi tersebut dilaksanakan untuk memberikan pengertian kepada wali santri mengenai Ujian Nasional dan mengajak wali santri untuk berperan aktif dalam proses belajar santri. “Peran orang tua sangatlah penting dalam proses belajar anak. Perlunyamotivasi dari orang tua dan dukungan mental kepada anak agar semangat belajar mampu tertanam kuat dalam diri anak. Lebih-lebih dalam menghadapi Ujian Nasional” ujar pimpinan pesantren dalam sambutanya. Hal tersebut memang dirasa sangatlah penting, karena anak secara mental akan lebih percaya diri dalam belajar dan menghadapi ujian dengan dorongan semangat dari orang tua. Beberapa hal lain yang disampaikan diantaranya mengenai penerimaan santri baru Tahun Ajaran 2016/2017 yang akan di buka mulai tanggal 2 April mendatang. Wali santri juga di arahkan untuk membimbing putra putrinya agar melanjutkan belajarnya.”kami berharap bapak ibu sekalian mampu membimbing putra putrinya untuk terus menuntut ilmu. Jangan hanya berhenti disini, dan kami juga berharap bapak ibu sekalian untuk mengarahkan putra putrinya untuk melanjutkan belajar ketempat yang terbaik. Misal mau melanjutkan ke perguruan tinggi, silahkan masuk ke perguruan tinggi yang terbaik. Demi masa depan mereka kelak” kata Drs.Istanto kepala bagian kurikulum Pondok Pesantren Darul Amanah. Selain itu disampaikan pula klarifikasi mengenai isu yang beredar bahwa Pondok Pesantren Darul amanah akan merubah kurikulumnya menjadi kurikulum TMI murni. Selama ini kurikulum yang digunakan adalah kurikulum gontor (TMI), kurikulum departemen agama, dan kurikulum dinas pendidikan. Menurut penuturan bagian kurikulum Pondok Pesantren Darul Amanah. Pondok belum akan mengubah kurikulum yang ada menjadi kurikulum TMI sepenuhnya. Pesan yang terakhir adalah agar wali santri kelas 6 TMI terus mengawasi dan membimbing putra putrinya untuk terus menerapkan kedisiplilnan yang sudah dibiasakan dipondok, seperti kedisiplinan dalam berpakaian, berpenampilan, sopan santun, beribadah, dan lain sebagainya agar di bawa dan di teruskan dirumah masing-masing.

Pondok Pesantren Darul Amanah melangsungkan istighosah bersama wali santri kelas 6 TMI dalam rangka Do’a Bersama sebelum menghadapi Ujian Nasional di aula rumah pimpinan sabtu (26/3). Acara ini bertepatan dengan sosialisasi ujian nasional dan pembekalan wali santri. Sebelum sosialisasi tersebut dilangsungkan, pimpinan pesantren mengajak wali santri sekalian untuk bermujahadah, berdo’a bersama, memohonkepada Allah agar putra putrinya dimudahkan dalam menghadapi Ujian Nasional. Memang dukungan spiritual se[perti ini juga diperlukan untuk menumbuhkan rasa percaya diri dalam diri santri. Jadi tak hanya persiapan materi dan mental, namun juga dibantu melalui jalan spiritual seperti ini. Pimpinan pesantren mengajak wali santri untuk juga menyokong putra putrinya dalam menghadapi ujian melalui istigghosah dan do’a yang dipanjatkan kepada Allah SWT.” Kita kan nggak bias bantu ngerjakan ujian, ya kita bantu semampu kita. Kita bisanya mendoakan ya kita doakan mereka. Kita minta sama Allah agar mereka dimudahkabn dalam ujiannya. Kalo nggak sama Allah, mau minta tolong sama siapa lagi?” kata bapak pimpinan dalam muqoddimahnya.

 

Scroll to Top