Aug 282017
 

Topeng Ireng pondok pedantren da Pesantren Darul Amanah Sukorejo, Kendal, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, Pesantren Terbaik di Indonesia, Pondok Pesantren Terbaik Sejawa dan Bali, Pondok Pesantren Terbaik di Jawa Tengah, Pondok Pesantren Terbaik di Kendal, Pondok Pesantren Terbaik di Semarang, Pondok Modern Darul Amanah, Pondok Modern Terbaik, Pondok Modern Gontor, Pondok Pesantren Alumni Gontor, Gontor Jawa Timur, Pondok Modern Terbaik, Kurikulum TMI, Pesantren Salafi, Pembelajaran Selama 24 Jam.

            SUKOREJO-Semarak 17 Agustus masih begitu terasa di kalangan masyarakat Sukorejo khususnya. Dalam rangka memeriahkan ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 72, sebagai acara tahunan, pemerintah kecamatan Sukorejo mengadakan acara karnaval budaya pada 19/8 kemarin. Acara ini diikui oleh semua sekolahan mulai dari tingkat SD sampai dengan tingkat SMA sederajat di seluruh Sukoerjo dan juga warga sekitar Sukorejo.

Sebagai salah satu lembaga pendidikan yang berdomisili di Sukorejo, Pondo Pesantren Darul Amanah tak mau ketinggalan untuk ikut serta memeriahkan karnaval budaya tersebut. untuk tahun ini, Darul Amanah mengikut sertakan salah satu budaya asal Magelang yang juga digemari oleh para santri, yakni Topeng ireng. Beberapa santri yang mengenakan kostum topeng ireng ini, dengn begitu semangatnya menari selayaknya para pemain topeng ireng professional di sepanjang rute karnaval dengan iringan music khas topeng ireng yang dialunkan melaluui pengeras suara yang sudah dipersiapkan.

Rute karnaval tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, jika biasanya berjalan mulai dari SD 01 Sukorejo sampai pada desa Kebumen, maka untuk tahun inirute karnaval diubah dimulai dari Lapangan desa Kebumen menuju terminal Sukorejo melewati pasar dan berakhir di bundaran Sukorejo.

kesemangatan tarian santri-santri Darul Amanah ini berhasil mencuri perhatian semua warga yang menyaksikan karnaval tahunan ini. mereka terlihat begitu terhibur dengan tarian topeng ireng ala santri ini. Hal ini terlihat dari ekspresi  dan sambutan dari warga sangat terhibur dengan kehadiran rombongan topeng ireng Darul Amanah ini. ada yang ikut menari, ada yang ikut bernyanyi bahkan seorang pedagang es potong yang lewat seketika menaruh dagangannya dan ikut menari bersama dengan para penari topeng ireng ini.

sambutan yang tak kalah luar biasanya juga ditunjukkan oleh Kapolsek, Camat, Koramil, Sinok Kendal dan para pejabat lainnya yang duduk di panggung kehormatan yang berada di belakang terminal Sukorejo. Wajah yang sumringah terlihat begitu rombongan topeng ireng berjalan di depan panggung kehormatan dengan menampilkan tarian topeng ireng ala santri mereka.

 Posted by at 2:24 am