Jul 182018
 
penerimaan santri baru hari pertama

penerimaan santri baru hari pertama

Rabu, (18/7) merupakan hari pertama Penerimaan Santri Baru. Sesuai dengan kalender Pendidikan Pesantren, bahwa tanggal 18, 19 dan 20 Juli, santri baru harus sudah datang ke Pesantren untuk mengawali karirnya sebagai seorang santri Pondok Pesantren Darul Amanah.

Di hari pertama ini, sebagian besar santri sudah datang di pesantren dengan diantar oleh keluarga. Mereka memilih hari pertama untuk berangkat ke pesantren dengan beberapa alasan yang menarik. Sebagian diantara mereka beralasan memilih hari ini karena bertepatan dengan hari rabu. Dimana sebagian orang jawa beranggapan bahwa hari rabu adalah hari baik untuk berangkat ke pesantren. Meskipun hidup di era yang sudah modern, tapi tak bisa dipungkiri bahwa masih banyak masyarakat yang menggunakan perhitungan semacam ini dengan harapan putra putrid mereka betah di pesantren.

Alasan lain adalah agar mereka bisa beristirahat dan beradaptasi di pesantren sebelum kemudian menjalani kegiatan pesantren yang akan dimulai pada hari sabtu mendatang. Alas an ini biasanya digunakan oleh sebagian santri yang datang dari jauh seperti hal nya Asni, 1 TMI, yang datang dari Kepulauan Riau.

Apapun alasanya, yang jelas kesemangatan untuk nyantri sangat jelas nampak di wajah para santri baru ini. Sntusias mereka untuk datang awal di pesantren menunjukkan bagaimana mereka sudah tidak sabar untuk mulai menjalani hari-hari mereka sebagai seorang santri di Pesantren Darul Amanah.

 Posted by at 5:40 pm