Pramuka Darul Amanah Bentuk Karakter Santri yang Kuat dan Tangguh

Santri memperhatikan materi yang disampaikan oleh pengurus koordinator

Darul Amanah – (أنا كشاف وأنا مسلم)
Saya Pramuka dan Saya Muslim, itulah semboyan Pramuka Pondok Pesantren Darul Amanah.Mengintegrasikan kepramukaan dan keislaman. Sebetulnya keduanya telah menjadi satu kesatuan, karena nilai-nilai yang ditanamkan dalam pramuka juga merupakan nilai-nilai Islam.

Dalam dunia internasional, Pramuka disebut dengan istilah “Kepanduan” (Boy Scout). Gerakan Pramuka memiliki kode Kode Kehormatan Pramuka, sebagaimana yang tertuang dalam Anggaran Dasar Pramuka, Gerakan Pramuka memiliki Kode Kehormatan yang terdiri atas janji yang disebut Satya dan Ketentuan Moral yang disebut Darma Kode Kehormatan Pramuka disesuaikan dengan golongan usia dan perkembangan rohani dan jasmaninya, yaitu: Kode Kehormatan Pramuka Siaga terdiri atas Dwisatya dan Dwidarma. Kode Kehormatan Pramuka Penggalang terdiri atas Trisatya Pramuka Penggalang dan Dasadarma. Kode Kehormatan Pramuka Penegak dan Pandega terdiri atas Trisatya Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dan Dasadharma. Kode Kehormatan Pramuka Dewasa terdiri atas Trisatya Anggota Dewasa dan Dasadarma.

Rabu, (12/02/2020) Santri Putra Pondok Pesantren Darul Amanah Melaksanakan kegiatan Pramuka di Komplek Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo Kendal.

Nampak seluruh santri putra berlatih materi kepramukaan berdasarkan jenjang tingkatan, seperti tingkatan ramu (kelas I TMI) belajar materi pengetahuan dasar kepramukaan, tingkatan rakit (Kelas II TMI) belajar Peraturan Baris- berbaris (PBB), tingkatan terap (kelas III TMI) belajar semaphore serta kakak tingkat lainya belajar Pionering dan materi lainya.

Selain kegiatan materi di atas, Pramuka Darul Amanah juga memberikan pelajaran materi lainya yang biasa disebut materi tematik seperti praktek renang, Reppling, teknik pemadam kebakaran, teknik lalu lintas, teknis rescue, hiking, teknik, teknik penangulangan bencana, teknik navigasi darat, materi kesehatan, pelopor lingkungan sehat dan materi lainya.

Pramuka Pondok Pondok Pesantren Darul Amanah juga sudah tergabung dalam kegiatan Satuan Karya Pramuka (SAKA) Seperti Saka Bhayangkara yang dibina langsung dari Polsek Sukorejo, Saka Wirakartika yang dibina oleh Koramil 07/Sukorejo dan Saka Bhakti Husada Binaan Puskesmas 01 Sukorejo Kabupaten Kendal

Pendidikan Pramuka bertujuan untuk mendidik santri dengan Prinsip-prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan yang pelaksanaannya disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan bangsa dan masyarakat Indonesia dengan tujuan agar menjadi santri yang kuat keyakinan beragamanya, berkepribadian dan berwatak luhur, tinggi mental dan moral, budi pekerti, serta kuat dan sehat fisiknya.

Scroll to Top