Apr 072018
 
PERINGATAN ISRA MI’RAJ-MAHASISWA DOKTORAL USIM BERIKAN KULIAH DI PONDOK PESANTREN DARUL AMANAH

PERINGATAN ISRA MI’RAJ-MAHASISWA DOKTORAL USIM BERIKAN KULIAH DI PONDOK PESANTREN DARUL AMANAH

PERINGATAN ISRA MI’RAJ-MAHASISWA DOKTORAL USIM BERIKAN KULIAH DI PONDOK PESANTREN DARUL AMANAH

Isra mi’raj adalah satu peristiwa yang sangat bersejarah di dunia dan bagi umat islam khususnya. Dalam peristiwa perjalanan Nabi Muhammad SAW inilah kemudian muncul perintah untuk melaksanakan sholat lima waktu.

Dalam rangka memperingati peristiwa isra mi’raj tahun ini, jum’at (31/3) Pondok Pesantren Darul Amanah kedatangan rombongan tamu istimewa dari Universitas Sains Islam Malaysia. Mereka adalah As-Sayyid Esmail Ahmad Al-Mushiki dari Yaman, As-Sayyid Naji Mohammad Al-Amin dari Mouritania dan Ustadz Sofyan Arif dari Indonesia. Ketiga tamu ini adalah Mahasiswa Doktoral di USIM yang sedang melaksanakan safari di Indonesia.

Dalam kunjungannya ini, mereka menyempatkan untuk memberikan tausyiah kepada Santri Darul Amanah sekaligus dalam rangka memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW. dalam tausyiahnya ini, mereka menyampaikan banyak pelajaran yang diambil dari Isra Mi’raj.

Menurut paparan dari Sayyid Esmail, isra mi’raj ini memiliki kedudukan yang sangat penting diantaranya adalah dengan diperintahkanya shalat lima waktu. Pentingnya shalat sendiri sudah terlihat dari awal mula shalat ini diperintahkan, dimana semua wahyu yang disampaikan kepada Nabi Muhammad diberikan di Bumi melalui peranntara malaikat Jibril, namun wahyu untuk melaksanakan shalat ini diperintahkan di langit langsung oleh Allah kepada Nabi Muhammad SAW tanpa perantara apapun.

Hal ini membuktikan bagaima shalat itu sangat penting bagi umat muslim khususnya. Dengan peringatan Isra Mi’raj seperti ini memberikan satu pembelajaran kepada kaum muslimin untuk senantiasa mengingat akan keistimewaan shalat yang luar biasa. Salah satunya adalah shalat menjadi pathokan amal seseorang ketika di akhirat nanti. Saat shalat seseorang bagus maka semmua amal ibadahnya menjadi bagus dan diterima oleh Allah SWT, namun sebaliknya, jika shalat seorang hamba buruk, maka semua amal ibadahnya pun menjadi buruk.

Inilah mengapa disebutkan bahwa :

الصلاة عماد الدّين

“shalat adalah tiang agama”

Sebab shalat inilah yang manjadi pilar utama agama islam. selain itu, shalat juga mengajarkan untuk menjadi hamba yang taat kepada Allah, Rasulullah dan Imam sebagai panutan. Dan juga shalat merupakan olahraga yang paling lengkap, karena selain olehraga bathiniyah sebagai penghubung antara seorang hamba dengan Khaliq nya, gerakan shalat juga menjadi olahraga yang baik untuk kesehatan.

 

 Posted by at 10:44 AM

Sorry, the comment form is closed at this time.