Feb 182018
 

Syech Aun dan Habib Hsyim Pondok pesantren da Pesantren Darul Amanah Sukorejo, Kendal, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, Pesantren Terbaik di Indonesia, Pondok Pesantren Terbaik Sejawa dan Bali, Pondok Pesantren Terbaik di Jawa Tengah, Pondok Pesantren Terbaik di Kendal, Pondok Pesantren Terbaik di Semarang, Pondok Modern Darul Amanah, Pondok Modern Terbaik, Pondok Modern Gontor, Pondok Pesantren Alumni Gontor, Gontor Jawa Timur, Pondok Modern Terbaik, Kurikulum TMI, Pesantren Salafi, Pembelajaran Selama 24 Jam

Ilmu menjadi barang yang sangat penting dalam kehidupan, karena semakin hari perkembangan dunia semakin pesat dan semuanya adalah sebab ilmu. Di era globalisasi yang semakin ketat dalam persaingan, ilmu juga semakin bersaing satu sama lain. Namun demikian ada satu permasalahan yang sangat kompleks dalam perjalanan kemanfaatan ilmu yang dimiliki.

Habib Hasyim bin Sahal bin Yahya dari Yaman dalam kunjungannya di Pondok Pesantren Darul Amanah Sabtu (10/2) kemarin menyampaikan bahwa ilmu akan menjadi manfaat bagi pemiliknya dengan adanya adab yang baik pula. “seseorang yang memiliki sedikit ilmu namun banyak adab, maka ilmu yang Ia miliki akan terus berkembang. Namun sebaliknya, orang yang memiliki banyak ilmu namun sedikit adab maka ilmunya tidak akan berkembang dan bermanfaat baginya” papar Habib Hasyim.

Dalam perhelatan globalisasi yang semakin penuh dengan retorika kehidupan dan kemajuan, keilmuan memang sangat diperlukan dan memiliki perkembangan yang sangat pesat. Tetapi, adab sebagai tulang punggung ilmu juga tak kalah penting untuk terus dikembangkan. Namun sayangnya, zaman sekarang adab sangat kurang diperhatikan, bahkan Habib Hasyim mengatakan bahwa orang jaman sekarang bukan lagi kekurangan ilmu, namun mereka kekurangan akan adab yang menjadi bagian pokok dari keilmuannya.

Oleh sebab itu, usaha pemerintah untuk membentuk manusia yang berpendidikan dan berkarakter dengan mengedepankan pendidikan karakter dari segala lini lembaga pendidikan mulai dari pendidikan ddasar hingga pendidikan lanjutan haus kta dukung bersama. Sebab, tanpa adanya dukungan ddari masyarakat, usaha pemrintah yang sedemikian rupa tak akan menemui hasil yang diinginkan dan akan hanya menjadi angan semata.

Habib Hasyim lalu menutup tausyiahnya dengan menyampaikan perkataan sayyidina Ali bin Abi Thalib “beruntunglah orang yang berilmu dan dengan ilmu tersebut ia menjadi lebih tertata”

 Posted by at 7:42 am