Jul 212018
 
Pimpinan PEsantren beri wejangan kepada santri

Pimpinan Pesantren beri wejangan kepada santri

            Setiap penuntut ilmu pastilah mengharapkan untuk mendapat ilmu yang bermanfaat. Sebab itulah yang menjadi tujuan utama para pencari ilmu. Namun demikian, ilmu yang bermanfaat tidak mungkin didapat tanpa syarat. Ada beberapa syarat untuk mencapai keberhasilan dalam belajar.

            Mencintai guru adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh para penuntut ilmu untuk mencapai keberhasilan dalam belajar. Sebagaimana yang disampaikan oleh Pimpinan Pesantren Darul Amanah, KH. Mas’ud Abdul Qodir pada upacara pembukaan Tahun Ajaran 2018/2019 sabtu (21/7) di lapangan Futsal Darunnajah. Wejangan ini disampaikannya kepada para santri, bahwasanya dalam mencari ilmu ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, salah satunya harus mencintai gurunya. “kalau mau ilmunya manfaat, berkah, ya harus cinta kepada gurunya. Makanya disini kita kenalkan guru-guru kalian semua” tuturnya.

            Mendasar kepada kata pepatah tak kenal maka tak sayang, maka untuk membantu para santri mencintai guru-gurunya sehingga mendapatkan ilmu yang manfaat, dikenalkanlah semua dewan asaatidz kepada para santri.

            Mencintai guru menjadi hal yang begitu penting dalam proses mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Sebab ilmu yang bermanfaat tak lepas dari ridho seorang guru sebagai pemberi ilmu tersebut. Jika sang guru ini ridho maka secara otomatis apa yang didapatkan oleh muridnya dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Sebaliknya, jika sang guru tidak ridho atas muridnya, maka bagaimana mungkin si murid bisa memanfaatkan ilmu yang didapatinya.

            Nah dari situlah, dengan mencintai guru maka yang pertama kesemangatan untuk bel;ajar akan tumbuh lebih besar. Sesuatu yang dilakukan atas dasar cinta, pasti akan dilakukan dengan sepenuh hati. Kedua, dengan mencintai gurunya maka akan menumbuhkan rasa ketaatan yang lebih besar kepada gurunya. Sebab jika sudah benar-benar cinta maka apapun akan dilakukan dengan senang hati. Dan yang ketiga, dengan mencintai dan menyayangi guru, maka ridho dari guru pun akan lebih mudah didapatkan. Dan tujuan utamanya, ilmu yang manfaat sudah pasti akan menjadi hasil yang paling memuaskan.

 Posted by at 3:23 pm