Sep 302017
 

Khaul Kabunan pondok pedantren da Pesantren Darul Amanah Sukorejo, Kendal, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, Pesantren Terbaik di Indonesia, Pondok Pesantren Terbaik Sejawa dan Bali, Pondok Pesantren Terbaik di Jawa Tengah, Pondok Pesantren Terbaik di Kendal, Pondok Pesantren Terbaik di Semarang, Pondok Modern Darul Amanah, Pondok Modern Terbaik, Pondok Modern Gontor, Pondok Pesantren Alumni Gontor, Gontor Jawa Timur, Pondok Modern Terbaik, Kurikulum TMI, Pesantren Salafi, Pembelajaran Selama 24 Jam.

Khaul merupakan sebuah acara tahunan untuk mengingat dan mendoakan seseorang yang sudah meninggal. Jumat (29/9) bertepatan dengan 9 Muharram 1439 H, semua santri putra bersama dengan dewan Asaatidz dan juga warga Kabunan, berbondong-bondong menuju tempat pemakaman umum desa Kabunan untuk berziarah bersama. Tujuan ziarah ini adalah Simbah KH. Shobun, Nyai Shobun (pendiri desa Kabunan), KH. Sulaiman dan Hj. Aisyah (Wakif Pondok Pesantren Darul Amanah) dan juga sesepuh kampung lainnya.

Acara ziarah ini merupakan salah satu rentetan acara khaul yang mana puncak acaranya adalah pengajian umum yang akan dilaksanakan pada Sabtu (30/9) yang bertepatan dengan 10 Muharam 1439 esok. Khaul ini sudah dilaksanakan oleh masyarakat kabunan sejak puluhan tahun lalu. Hanya dikemas dengan berbeda. Jika dulu orang mau berziarah harus dengan iming-iming selamatan/penyembelihan kambing yang kemudian di makan secara berjamaah, namun di zaman sekarang masyarakat sudah mulai sadar akan pentingnya ziarah kubur ini.

Selain untuk mendoakan para sesepuh kampung, ziarah kubur ini juga sebagai sarana untuk mengingat jasa orang-orang terdahulu kita dan sebagai nasihat bagi yang masih hidup bahwasanya kita juga akan menemui yang namanya kematian

 Posted by at 3:50 pm