Mar 122018
 

PINDAH KAMAR, MENGEMBANGKAN SOSIAL SANTRI

PINDAH KAMAR, MENGEMBANGKAN SOSIAL SANTRI

PINDAH KAMAR, MENGEMBANGKAN SOSIAL SANTRI

Perpindahan kamar, untuk dikalanagan santri salafi mungkin terdengar sedikit asing, namun untuk kalangan santri pondok modern terlebih alumni Gontor, perpindahan kamar menjadi satu agenda wajib bagi santri, termasuk santri Darul Amanah.

Perpindahan kamar ini biasanya dilaksanakan satu atau dua kali dalam setahun, salah satunya yang baru saja dilaksanakan di Darul Amanah pada Selasa (6/3) untuk santri putri dan jum’at (9/3) untuk santri putra.

Perpindahan kamar ini dilaksanakan selain untuk mensinkronkan tata letak kamar santri juga untuk menambah social santri agar tidak hanya terpaku pada teman sekamarnya sejak awal masuk saja. Dengan berpindah kamar sedemikian rupa, maka setiap santri akan memiliki teman sekamar yang baru dan dengan ini mereka akan memiliki relasi yang baru pula sehingga jangkauan relasi mereka akan semakin melebar.

Ditambah lagi percampuran antara santri yang baru dan santri yang lama akan semakin membangun ukhuwah Islamiyah santri yang meluas kesemua arah. Buan hanya kesamping namun juga keatas dan kebawah (kakak kelas maupun adik kelas)

 Posted by at 1:33 pm