Sep 302017
 

Kajian Jumat Pagi pondok pedantren da Pesantren Darul Amanah Sukorejo, Kendal, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, Pesantren Terbaik di Indonesia, Pondok Pesantren Terbaik Sejawa dan Bali, Pondok Pesantren Terbaik di Jawa Tengah, Pondok Pesantren Terbaik di Kendal, Pondok Pesantren Terbaik di Semarang, Pondok Modern Darul Amanah, Pondok Modern Terbaik, Pondok Modern Gontor, Pondok Pesantren Alumni Gontor, Gontor Jawa Timur, Pondok Modern Terbaik, Kurikulum TMI, Pesantren Salafi, Pembelajaran Selama 24 Jam.

Setiap muslim pastilah mengenal nama-nama surat diatas. Sebab surat-surat ini mungkin menjadi surat favorit dan paling sering dibaca oleh umat islam karena memiliki berbagai keutamaan-keutamaan khusus bagi para pembacanya. Dalam kajian jum’at pagi (29/9) KH. Mas’ud Abdul Qadir selaku pimpinan Pesantren Darul amanah menyampaikan beberapa keutamaan mengenai ketiga surat tersebut. berikut ulasannya.

Keutamaan membaca surat Yaasiin

Memang untuk beberapa golongan, budaya membaca surat Yaasiin  dimalam jum’at dan waktu ziarah kubur dianggap sebagai satu perbuatan bid’ah. Namun, sebagai satu pengamalan Fadhailula’mal ini diperbolehkan. Sebab, jika dilihat menggunakan sisi logika orang awam pun sudah bisa kita fahami bahwa “apa salahnya kalau kita membaca surat yaasiin tiap malam jum’at ? toh membaca Ayat Al-Qur’an kapanpun itu kan bagus”.

Dalam sebuah riwayat (Fadhailul a’mal) disampaikan bahwa : “sesungguhnya tiap-tiap sesuatu mempunyai hati dan hati (inti) Al-Qur’an itu ialah surat Yaasiin. Siapa yang membacanya maka Allah akan memberikan pahala bagi bacaannya itu seperti pahala membaca Al-Qur’an 3 kali”

Dari Fadhailul a’mal ini pulalah kenapa tiap-tiap santri diwajibkan untu membaca surat Yaasiin pada malam jum’at dan juga saat berziarah kubur yang biasa dilaksanakan pada jum’at pagi bagi santri putra dan jum’at sore bagi santri putri.

Keutamaan membaca surat Al-Waqi’ah

Soal surat Al-Waqi’ah pasti lebih banyak lagi orang yang mendengar Fadhilahnya. Surat ini sangat erat kaitannya dengan ‘anti miskin’ . banyak qaul yang membahas bahwa membaca surat Al-Waqi’ah bisa memudahkan rezeki kita.

imam Baihaqi meriwayatkan dari Ibnu Mas’ud berkata :”Aku mendengar Rasulullah SAW. bersabda: “barang siapa membaca surat Al-Waqi’ah setiap malam maka dirinya tidak akan ditimpa kemiskinan”

Beberapa ulama’ sepakat bahwa hadits tersebut Dho’if. Namun demikian hadits ini bisa juga digunakan sebagai rujukan fadhalilula’mal. Jadi sama halnya dengan surat Yaasiin tadi, taka da salahnya jika kita mengamalkan untuk membaca surat Al-Waq’iah di tiap malam.

Keutamaan membaca surat Al-Mulk

Nah, sekarang bagaimana dengan surat Al-Mulk ? banyak ‘qaul’ yang menngaitkan surat ini dengan upaya mencegah siksa kubur. Jadi dikatakan bahwa dengan membaca surat ini, maka kita akan terhindar dari siksa kubur.

Abdullah Bin Mas’ud dalam ebuah riwayat mengatakan “barang siapa membaca ‘tabarokalladzi bi yadihil mulk’ (surat Al-Mulk) setiap malam maka Allah akan menghalanginya dari siksa kubur. Kami di masa Rasulullah SAW. menamakan surat tersebut “Al-Mani’ah” (penghalanng dari siksa kubur). Dia adalah salah satu surat di dalam Kitabullah. Barang siapa membacanya tiap malam meka Ia telah memperbanyak dan berbuat kebaikan” HR. An-nasa’i)

Nah kalau hadits ini ada dua pendapat. Satu mengatakan bahwa haits ini merupakan hadits hasan, sedang sebagian lainnya mengatakan bahwa hadits ini shahih.

 

Jadi pada dasarnya, tidak ada satu larangan pun untuk mengamalka ketiga surat diatas tiap malam ataupun di waktu lainnya. Sebab, membaca ketiga surat di atas berarti juga membaca Al-Qur’an. Dan yang jelas, Rasulullah SAW. bersabda : “barang siapa membaca Al-Qur’an, sesungguhnya Al-Qur’an akan memberikan syafaat bagi para pemiliknya (orang-orang yang suka membaca Al-Qur’an) pada hari kiamat” selain itu Rasul SAW. juga bersabda : “barang siapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an maka baginya satu kebaikan dan setiap kebaikan sama dengan sepuluh kebaikan”

Jadi penting bagi kita umat islam untuk senantiasa membaca dan mengamalkan Al-Qur’an karena banyak sekali keutamaan-keutamaan yang terkandung didalamnya yang bahkan hingga kini belum terkuak apa keutamaannya. Yang jelas “sebaik-baiknya ibadah umatku adalah membaca Al-Qur’an” itulah yang di sabdakan oleh Nabi Muhammad SAW. sebagai panutan kita

 Posted by at 2:45 pm